Kamera dengan Sensor Graphene

Peneliti di Nanyang Technological University (NTU) Singapura, menemukan sensor imaging yang kemungkinan mampu menghasilkan foto yang lebih baik dalam kondisi pencahayaan yang minim daripada CMOS atau CCD. Sensor tersebut dikatakan lebih baik 1000 kali lebih sensitif dibanding sensor yang diketemui saat ini pada kamera.
Selain lebih baik pada cahaya, sensor ini juga 10 lebih hemat energi dan 5 kali lebih murah sehingga kemungkinan akan diproduksi massal.
Sensor tersebut terbuat dari Graphene yang memiliki ukuran kecil yaitu satu juga lebih kecil daripada rambut manusia yang terbentuk dari atom karbon murni dalam struktur sarang lebah (honey comb) dan juga lebih kondusif dari silikon.


Kemampuan menghasilkan foto yang lebih baik karena Graphene bisa menahan sinyal elektrik lebih lama dibanding sensor biasa terutama Low Light.
Jika diadopsi oleh industri, Peneliti berharap Ongkos ini bisa ditekan sehingga didapatkan kamera yang lebih murah dan tahan baterai.



Sumber : http://inet.detik.com/read/2013/06/03/152046/2263251/1277/sensor-graphene-diklaim-1000-kali-lebih-peka-cahaya?i991102105

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar......