Definisi dan Operasi Basis Data

Definisi Basis Data

Basis Data (Data Base) dapat dibayangkan sebagai sebuah lemari arsip, jika kita memiliki sebuah almari arsip dan berwenang untuk mengelolanya, maka kita akan dapat menata dan merapikan arsip-arsip dalam lemari tersebut. .

Basis Data terdiri dari 2 kata yaitu Basis dan Data. Basis adalah markas/gudang, tempat bersarangnya atau berkumpul, sedangkan Data adalah representasi fakta dari dunia nyata yang mewakili suatu objek seperti manusia(pegawai, siswa, pembeli, dan pelanggan), barang, hewan, peristiwa, konsep, keadaan dan sebagainya yang direkam dalam bentuk angka, huruf, simbol, teks gambar, bunyi dan kombinasinya.



Prinsip kerja dari basis data dan lemari tadi sama, terutama pada pengaturan data/arsip. Selain itu tujuan utama untuk kemudahan dan kecepatan dalam pengambilan kembali data/arsip. Perbedaannya hanya terletak pada media penyimpanan yang digunakan. Jika lemari arsip menggunakan lemari besi atau kayu, maka basis data menggunakan media penyimpanan elektronis seperti disk (disket atau hardisk).

Operasi Dasar Basis Data

Dalam sebuah disk, basis data dapat diciptakan dan dapat pula ditiadakan. Didalam sebuah disk, kita dapat pula menempatkan beberapa (lebih dari satu) basis data. Sementara dalam sebuah basis data kita dapat menempatkan satu atau lebih file/tabel. Pada file/tabel inilah sesungguhnya data disimpan/ditempatkan.
Sebuah basis data umumnya dibuat untuk mewakili sebuah semesta data yang spesifik. Misalnya basis data kepegawaian, basis data akademik, basis data inventori (pergudangan) dan sebagainya. Dalam basis data akademik, misalnya kita dapat menempatkan file mata pelajarana, file guru, file jadwal, file nilai dan seterusnya.
Operasi-operasi  dasar yang dapat kita lakukan berkenaan dengan basis data meliputi
  1. Pembuatan basis data baru (Create database) yang identik dengan pembuatan lemari arsip yang baru.
  2. Penghapusan basis data (Drop Databases) yang identik dengan perusakan lemari arsip.
  3. Pembuatan file/tabel baru ke suatu basis data (Create table), identik dengan penambahan map arsip baru.
  4. Penghapusan file/tabel dari suatu basis data(Drop table).
  5. Penambahan/pengisian data baru ke sebuah file/table disebuah basis data.
  6. Pengambilan data dari sebuah file/tabel.
  7. Pengubahan data dari sebuah file/tabel.
  8. Penghapusan data dari sebuah file/tabel
Operasi-operasi yang berkaitan dengan pembuatan objek(basis data dan tabel) merupakan operasi awal yang hanya dilakukan sekali dan berlaku seterusnya, sedangkan operasi-operasi yang berkaitan dengan pengisian tabel meruapakan operasi-operasi rutin yang dilakukan berulang-ulang dan karena itu operasi-operasi inilah yang lebih tepat mewakili aktivitas pengelolaan(management) dan pengelolaan(processing) data dalam basis data .

Download Materi : Disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar......