Algoritma adalah urutan-urutan dari instruksi atau langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu masalah.
Algoritma adalah Blueprint dari program.
Sebaiknya disusun sebelum membuat program.
Kriteria suatu algoritma :
- Ada input dan output.
- Efektivitas dan efisien.
- Terstruktur.
mengirimkan surat kepada teman :
- Tulis surat pada secarik kertas surat.
- Ambil sampul surat.
- Masukkan surat kedalam sampul.
- Tutup sampul surat menggunakan perekat.
- Jika kita ingat alamat tersebut, maka tulis alamat pada sampul surat.
- Jika tidak ingat, lihat buku alamat, kemudian tulis alamat pada sampul surat.
- Tempel perangko pada surat.
- Bawa surat ke kantor pos untuk diposkan.
Contoh Algoritma 2
Mencari akar bulat positif dari bilangan bulat(integer) positif a:
- Masukkan bilangan bulat positif a.
- Berikan harga awal x sama dengan 1.
- Hitung y sebesar x * x.
- Jika y sama dengan a maka cetak x.
- Sebagai akar dari a. Selesai.
- Tambah nilai x dengan 1.
- Pergi ke langkah 3.
Contoh algoritma 3
Menentukan apakah suatu bilangan merupakan bilangan ganjil atau genap:
- Masukkan sebuah bilangan sembarang.
- Bagi bilangan tersebut dengan bilangan 2.
- Hitung sisa hasil bagi pada langkah 2.
- Bila sisa hasil bagi sama dengan 0 maka bilangan itu adalah bilangan genap tetapi bila sisa bagi sama dengan 1 maka bilangan itu adalah bilangan ganjil.
Download Materi Algoritma : Disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silahkan berkomentar......